Your Ad Here

Minggu, 23 Maret 2008

awas demodex

kalau tiba-tiba anjing mu suka banget garuk-garuk tapi di kulitnya ga kamu temuin kutu itu tanda-tanda dia kena demodex. ini penyakit kulit yang sangat biasa diidap anjing antara lain ras pug and chowchow. penyebab penyakit ini adalah tungau (sejenis kutu) yang berada di bawah kulit, makanya dia ga akan kliatan di permukaan kulit. anjing yang kena demodex akan selalu garuk-garuk, kalau sudah parah bulu akan rontok, kulit akan luka, berdarah kemudian akan timbul infeksi. demodex biasanya menyerang kulit di sekitar mulut dan dada namun tidak menutup kemungkinan untuk timbul di bagian lain. bila sudah timbul gejala demodex langkah yang harus diambil adalah memberi suntikan demodex kepada anjing setiap 2 minggu sekali, mengikuti siklus hidup tungau demodex tersebut. sangat disarankan agar jadwal pemberian suntikan tidak lewat dari 2 minggu, untuk amannya suntikan boleh diberikan per 10 hari sekali untuk mengantisipasi bila kita lupa.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

gw punya anjing di rumah .. lucu banget sampe kadang gw bawa tidur di kamar. beberapa hari ini gw sering merhatiin kalo dia sering garuk-garuk, tapi ga ada kutunya. en kulitnya juga ada yang sampe luka.Bahkan bulunyua juga rontok.. gw jadi kasihan banget, gw takut kalo nanti dia jadi botak... hiks,hiks, hiks,, HELP MEEEEEE...

delta godam mengatakan...

hmm...kayanya kena demodex tuh. anjing ku dl jg pernah gt, dia garuk2 ampe kulitnya memerah, kirain ada kutunya jadi aku ks bedak kutu aja, tp lama2 bulunya rontok n luka, pas di bawa ke dokter trnyata dia kena demodex n harus dsuntik per 10 hari. mending cepet2 aja di bawa ke dokter dr pd lukanya makin parah n infeksi

Anonim mengatakan...

saya pny anjing golden. Lagi lucu2, tapi sudah hampir 2 bulan ini dah keliatan bagian muka dan kaki yg kena demodex. Sdh sering di suntik sm dokter hewan, so lumayan besar jg biayanya. Apakah bisa kita sendiri yg melakukan penyuntikan? Kalo ya, apa dan dimana sy bisa membeli obatnya? Thx bantuannya

delta godam mengatakan...

saya tinggal di jogja, biaya suntik demodec di klinik n praktek dokter rata2 30.000 tapi kl di rumah sakit hewan milik UGM hanya 9.000 sekali suntik. sebenarnya bisa kita suntik sendiri asal gak lupa nanya dosis nya ke dokter. kalo aku sih mending bawa ke dokter deh...ga tega nyuntik sendiri..hihihi