Your Ad Here

Kamis, 27 Maret 2008

penyakit di musim hujan

1. Diare
diare yang kadang disertai dengan muntah dan berkurangnya nafsu makan diakibatkan karena jamur, bakteri dan virus yang menyerang organ pencernaan.
Langkah pencegahaan adalah dengan menjaga keseimbangan flora didalam pencernaan. Berikan yoghurt yang banyak dijual dipasaran secara teratur setiap hari. Yoghurt mengandung bakteri yang menguntungkan sehingga dapat membunuh bakteri yang tidak menguntungkan didalam pencernaan. Anjing yang sudah terserang diare lebih dari dua hari sebaiknya diperiksa oleh dokter hewan untuk mendapat pengobatan antibiotik. Anda juga dapat memberikan obat-obatan anti diare yang dijual bebas tetapi sebaiknya pilih obat anti diare yang terbuat dari bahan alami seperti daun jambu biji atau kunyit.

2. Penyakit kulit
penyakit kulit paling banyak disebabkan oleh jamur. Anjing akan merasa gatal sehingga perlu menggaruk, akibat garukan tersebut kulit adakalanya menjadi luka sehingga terbuka peluang bagi bakteri dan virus untuk ikut menyerang sehingga penyakit kulit menjadi lebih parah.
Langkah pencegahan adalah dengan menjaga kondisi kulit dan bulu tetap kering. Untuk bulu pendek, sebaiknya bulu ditaburkan bedak lalu disikat sampai bulu terbebas dari bedak atau bisa juga bulu dan kulit dilap dengan cairan disinfektan setiap hari. Untuk bulu panjang memang agak rumit apalagi kalau lingkungan pemeliharaan sering bsah karena hujan. Pemberian bedak juga bisa diterapkan pada anjing yang berbulu panjang. Setelah ditaburkan bedak, kulit dan bulu diblow dengan hair dryer. Ingat, hair dryer yang digunakan sebaiknya yang dibuat khusus untuk anjing. Jika tidak punya, dapat menggunakan vaccum cleaner yang dapat meniup angin selain menghisap atau gunakan kipas angin dengan kecepatan tinggi. Cairan disinfektan juga bisa diberikan dengan cara disemprot dengan menggunakan sprayer, tidak perlu sampai basah kuyup cukup dipermukaan bulu saja. Mandikan anjing dengan shampo yang memiliki formula anti jamur dan anti bakteri. Sebaiknya jika anjing diberi dog food pilihlah dog food yang menggunakan protein dari daging domba karena daging domba lebih dapat mencegah penyakit kulit dibanding daging ayam atau sapi

3. Pneumonia
penyakit radang paru-paru ini kebanyakan menyerang anjing diusia anakan tapi untuk anjing dewasa tetap beresiko terserang penyakit ini. Anjing yang terserang biasanya adalah anjing yang sering berbaring dilantai keramik dan terkena angin dingin. Usahakan memberikan alas pada kandang anjing dan hindari kandang anjing terkena angin terutama pada malam hari. Jemur dan ajak anjing bermain pada saat matahari terik.Pengobatan oleh dokter hewan biasanya menggunakan antibiotik.

4. Penyakit Distemper & Parvovirus
penyakit ini biasanya menyerang anjing musim hujan maupun musim kemarau. Penyakit ini tidak pandang bulu, anakan dan dewasa bisa terserang penyakit ini setiap saat terutama pada saat daya tahan tubuh sedang lemah. Cuaca yang dingin, lembab dan berangin dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Langkah pencegahan, anjing harus mendapat vaksinasi untuk penyakit ini dan diulang setiap tahun. Untuk menjaga daya tahan tubuh, anjing harus diberi nutrisi yang lengkap dan seimbang. Penambahan multivitamin pada musim hujan sangat dianjurkan terutama disaat hujan datang tiap hari.


dari berbagai sumber

Tidak ada komentar: