Your Ad Here

Minggu, 02 Maret 2008

Parvo Virus

Penyakit ini disebabkan oleh virus dari golongan parvoviridae, sangat mudah ditularkan dari anjing satu ke anjing lainnya. Penyakit ini ada dua bentuk :

  1. tipe miokardial, menyerang anjing umur 3-10 minggu, anjing akan mati tanpa gejala yang jelas.
  2. tipe enterik, gejala klinis yang muncul amat bervariasi
    tergantung kondisi tubuh anjing dengan ada atau tidaknya infeksi sekunder. Biasanya terjadi muntah, diare berdarah dan dehidrasi.

Penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian vaksinasi. Bila terjadi gejala seperti diatas biasanya dokter akan memberikan larutan elektrolit, antibiotik broad spektrum seperti neomisin, gentamisin dan kanamisin. Jika terjadi septikemia diberikan penicillin dan aminoglikosida. Dokter juga akan memberikan obat anti muntah, anti diare dan kortikosteroid.

sumber: hidup sehat bersama hewan kesayangan by nerheti yuliarti

11 komentar:

bli_wedhooz mengatakan...

permisi, numpang nanya. anak anjing saya kmaren mati, sepertinya kena parvo. sekarang yang puppies tinggal satu, nah apa rentan terkena juga? thanks...

delta godam mengatakan...

hello..terimakasih atas pertanyaannya. besar kemungkinan anak anjing mu juga tertular parvo karena cara penularan melalui sentuhan langsung maupun tdk langsung lewat benda2 yang tercemar oleh kotoran dan muntahan penderita. menurut buku salah satu ciri gejala anak anjing kena parvo adalah suka tidur2an di sudut ruangan (agak aneh ya) anak anjing mati mendadak karena yg diserang adalah jantungnya. umumnya anjing yg kena parvo akan kehilangan napsu makan, muntah2 dan diare (berwarna coklat tua dan kemerahan)

bli_wedhooz mengatakan...

sip.. thanks atas informasinya, apalagi setelah baca posting anda yang lainnya, semakin membuka wawasan saya tentang penyakit2 tersebut dan cara mengantisipasinya. Sekali lagi terima kasih...

yoc mengatakan...

mau nanya,,
vaksin parvo mahal ngga sih?
vaksin anjing yang lengkap itu apa aja?
kalo anak anjing pernah kontak dengan anjing yang parvo, tapi anak anjingnya sendiri sampai sekarang masih sehat, apa dengan divaksin bisa cegah virus berkembang?
makasih bgt.. ^^

delta godam mengatakan...

hello yoc....harga vaksin parvo beragam di tiap kota bahkan di tiap klinik hewan pun harganya bervariatif.
anak anjing yang pernah kontak dengan penderita parvo namun tetap sehat lebih baik segera di vaksin karena anak anjing rentan sekali kena virus parvo.jadi lebih baik sedia payung sebelum hujan deh...karena dengan di vaksin tentunya tubuh anak anjing jadi kebal terhadapa parvo.jangan lupa selalu jaga kebersihan lingkungan tempat anjing tinggal.
terimakasih kunjungan dan pertanyaannya ya

Anonim mengatakan...

puppyku baru aja divaksin parvo n abis itu jadi sakit, dia jadi demam n muntah muntah, kasian banget ampe stress aku ngeliatnya...
info untuk yoc: aku bayar vaksin parvonya Rp. 75rb, tapi ada temenku juga yang vaksin parvo bayarnya 100rb, kayanya berkisar harga segitu deh...

Unknown mengatakan...

malam...
saya may tanya donk..
gejala awal nya gimana sigh?

anjing saia candy sedang divonis oleh dokter gejala parvo.

tp candy tidak mencret darah, meskipun ketika dokter menganalisa adanya bau amis darah pada pantatnya.
dan si candy juga tidak sering muntah.. paling 1x sehari itu juga apabila banyak minum air.

makasih

Anonim mengatakan...

numpang tanya.. puppyku tb hilang nafsu makan dan muntaber. Itu gara2 apa y?

delta godam mengatakan...

@me : maaf baru balas....bau amis darah pada pantatnya itu sih biasanya menandakan ada perdarahan di dlm tubuh...mgkin darahnya cm dikit jd tdk tll terlihat.

@anonim : maaf baru balas...gmn kabar puppy nya? smg sdh sehat ya

Ana mengatakan...

mau tanya kt utary diatas dia abis vaksinasi anjing langsung sakit, apa bisa jg seperti itu. sy jd ragu mau vaksinasi kalo ujung2ny malah jadi sakit bukanny kebal???
trus klo anjingny dah umur 6 thn tetap bakal kena juga kah, dan apakah dengan sekali vaksinasi di jamin ga kena virus parvo lg?
tipe anjing campuran bakal kena juga kah?

Anonim mengatakan...

Gan puppy saya d vonis gejala parvo,saya baru membelinya 1 hari lalu besoknya dia berak dan fesesnya seperti lendir agak hijau,tapi yg saya bingung dia tidak muntah,dan tidak ada darah...sudah saya bawa ke dokter cuma diberi vitamin dan antibiotik.sudah d infus 2x saya takut kehilangan puppy saya.tq